3.31.2013

Sich Vorstellen

Apa itu "sich vorstellen"? Vorstellen artinya memperkenalkan atau perkenalan, sedangkan sich menunjukan pada diri sendiri, sehingga "sich vorstellen" berarti memperkenalkan diri sendiri.

Seperti lazimnya seseorang yang bertemu dengan orang lain yang baru dijumpainya, entah apapun bangsa dan bahasanya, mereka biasanya saling memperkenalkan diri. Tentu saja Jerman memiliki  bahasa dan kata-kata tersendiri untuk hal yang satu ini. Berikut ini adalah contoh sepotong dialog sederhana antara beberapa orang yang saling memperkenalkan diri.

A: Guten Tag! Ich bin Frau Elizabeth. Ich bin Ihre Deutschlehrerin. Wie ist Ihr Name?
     (Selamat siang! Saya Bu Elizabeth. Saya guru Bahasa Jerman Anda semua. Siapa nama Anda?)
B: Hallo, mein Name ist Arfan.
     (Halo, nama saya Arfan.)
A: Und woher kommen Sie?
     (Dan datang dari manakah Anda?)
B: Aus der Turkei.
     (Dari Turki.)
A: Wie heissen Sie?
     (Siapa Anda?)
C: Ich bin Anna Borissowa. Ich komme aus Russland.
     (Saya Anna Borissowa. Saya datang dari Rusia.)
A: Und wie heissen Sie?
     (Dan siapakah Anda?)
D: Mein Name ist Lena Alexandra. Ich komme aus Chile.
     (Nama saya Lena Alexandra. Saya datang dari Chile.)
A: Und Sie?
     (Dan Anda?)
E: Ich bin Alfiya Alforowa, aus Kasachstan.
     (Saya Alfiya Alforowa, dari Kazakstan.)
A: Und wer ist das?
     (Dan siapa itu?)
E: Das ist Herr Chan. Er kommt aus China.
     (Itu adalah Pak Chan. Dia datang dari China.)

Dialog tersebut lebih banyak menanyakan tentang nama dan asal. Sangat simpel namun perlu juga untuk diingat sebagai dasar percakapan manakala bertemu dengan orang yang baru.



Nur Alfi Ekowati
[31-03-2013]

0 komentar:

Posting Komentar